TIPS AMPUH DAN CEPAT TURUNKAN DEMAM ( Terbukti )

 


TIPS TURUNKAN DEMAM - Pada dasarnya, demam adalah proses yang biasa terjadi pada tubuh manusia. Demam merupakan keadaan suhu tubuh di atas 36,5 derajat – 37,2 derajat celcius. Peningkatan suhu tubuh tersebut bisa diakibatkan karena gangguan atau kelainan pada bagian otak yang mengatur suhu tubuh. Selain itu, keracunan, infeksi dan kekurangan cairan juga bisa menjadi penyebab demam pada anak.

Tips ampuh dan cepat menurunkan demam

Namun, demam tidak tidak boleh dianggap sepele terutama pada anak balita, karena dapat berakibat jangka panjang bagi kesehatan anak. Bila anak Anda demam, sebelum memutuskan membawa anak ke dokter berikanlah pertolongan pertama dengan menggunakan cara-cara berikut.

9 Cara Ampuh Turunkan Demam


Jus Mentimun

Mentimun dapat membantu mendinginkan suhu tubuh.  Mentimun dikupas, dicuci bersih kemudian diblender. Saat diblender, tambahkan air matang sedikit demi sedikit hingga 50 cc. Tambahkan 1 sendok air jeruk nipis saat meminum jus ini.

Jus Buah Pir

Buah pir selain bermanfaat sebagai obat mabuk perjalanan, juga dapat menjadi obat antidemam. Buah pir segar yang telah masak kira-kira berukuran 200 gram dicuci bersih kemudian dikupas lalu diblender. Saat memblender tambahkan air matang sedikit demi sedikit. Jus ini diminum pada pagi, siang dan malam hari.

Parutan Kentang

Kentang selain sebagai bahan masakan, kentang juga bisa menjadi penurun demam. Kentang dikupas kulitnya, dicuci bersih kemudian diparut. Parutan kentang tersebut dimasukkan ke dalam kaus kaki yang dipakai anak Anda.

Mandi Air Hangat

Mandi dengan air hangat dapat membantu menurunkan suhu anak Anda. Mandi dengan air hangat dapat dilakukan dengan berendam dalam air hangat atau mengelap tubuh anak dengan handuk bersih yang dibasahi dengan air hangat.

Kompres Hangat

Kompres Hangat dilakukan dengan cara membasahi kain atau handuk kecil dengan air hangat lalu diperas dan diletakkan di lipatan ketiak, lipatan paha, leher atau dahi. Apabila suhu kain sudah sama seperti suhu tubuh, celupkan kembali kain ke air hangat dan ulangi lagi proses kompresnya.

Kompres Alkohol

Selain menggunakan kompres hangat, dapat juga dilakukan kompres alkohol. Kompres Alkohol dilakukan dengan cara membaluri tubuh anak dengan alkohol 70 persen. Atau menggunakan kain yang dibasahi dengan alkohol. Kain terssebut diletakkan di lipatan ketiak, leher, dan lipatan paha. Harap hati-hati saat menggunakan kompres alkohol ini. Bagi anak yang kulitnya sensitif terhadap alkohol dapat menyebabkan iritasi.

Menurunkan Suhu Ruangan

Kondisi ruangan yang panas berakibat pada semakin meningkatnya suhu tubuh. Ada baiknya jika suhu ruangan dijaga agar tetap sejuk dan nyaman.

Menghindari Baju Tebal dan Berlapis

Demam yang tinggi membuat tubuh anak menggigil. Dalam keadaan seperti ini, biasanya anak diminta memakai baju tebal atau diselimuti dengan selimut tebal. Padahal hal tersebut justru menghambat proses pelepasan panas dari tubuh anak. Sebaiknya anak diberi pakaian yang ringan, tidak berlapis-lapis agar mempercepat penurunan suhu tubuhnya.

Mengkonsumsi Banyak Cairan

Dalam keadaan demam, cairan tubuh akan banyak terpakai untuk menetralisir panas. Untuk mencegah terjadinya kekurangan cairan (dehidrasi) dan membantu menurunkan demam, maka anak harus diberi banyak minum dalam bentuk ASI, susu, atau air putih. 

Selain itu, mengkonsumsi buah yang banyak memiliki cairan seperti semangka, pir dan mentimun juga bisa mencegah dehidrasi. Dengan mengkonsumsi banyak cairan maka frekuensi buang air kecil pun akan meningkat sehingga membantu proses pelepasan panas tubuh. Apabila dalam 2-3 hari demam tak kunjung mereda, sebaiknya anak segera dibawa ke dokter.



baca juga:

CARA MENDAPATKAN MODAL USAHA DENGAN MUDAH DAN CEPAT



No comments:
Write komentar

Interested for our works and services?
Get more of our update !