HEBOH, Inilah Pengantin Termuda SeIndonesia

 

 
Usia menikah menurut berbagai sumber di Indonesia adalah ketika telah mencapai usia minial 17 tahun, lantas bagaimana dengan usia dibawah itu? Pernikahan dini? Bisa tidak? Inilah yang menjadikan foto pernikahan pasangan belia dari Sulawesi menjadi viral di media sosial. Terdapat beberapa opini dan juga komentar terkait pernikaha dini tersebut.
Iwank Saputra begitu nama akun facebook yang mengunggah foto pernikahan dengan adat Bugis - Makasar pada 5 Juni 2016. Ditulisnya pada caption atau keterangan foto tersebut " wedding penutup sebelum ramadhan,,, 13 tahun vs 14 tahun? Tabe? KuLambungKiriki'Bro" begitu kalimat tersebut diunggah bersama foto pasanga muda. Setelah beberapa waktu diketahui keduanya adalah Rudi dan Selfiana.
Tidak dipungkiri jika melihat foto mereka bersanding bisa saja benar pernyataan Iwank bahwa keduanya sangat belia bahkan bocah, menikah diusia 13 tahun dan 14 tahun, sang fotografer ini bahkan menyatakan bahwa Rudi baru lulus sekolah dasar di Janeponto, Sulawesi Selatan. Menurut latar belakang keluarga keduanya dinikahkan kara orang tua  mereka tidak sabar menimang cucu.
Tetapi dari pihak pemerintahan wilayah setempat yang memberikan ijin menikah menyatakan bahwa keduanya telah cukup umur untuk menikah, hanya saja postur tubuh dan wajah nya memang tampak seperti anak kecil. Mana yang benar menurutmu guys?
Seperti yang kita ketahui mengapa ada standar usia menikah hal ini memiliki banyak pertimbangan, dimulai dari secara biologis usia produktif dimulai pada usia pubertas, kematangan secara psikologis juga dibutuhkan dalam memiliki hubungan atau ikatan perkawinan, secara logika saja diusia yang belia bahkan mereka belum mendapatkan ijin bekerja, lantas akan bagaimana nasib rumah tangga mereka? Itulah kenapa minimal 17 tahun.
Pertimbangan untuk menikah itu banyak, selain menjalankan syariat agama, juga merupakan perwujudan dari rasa tanggung jawab, bertanggug jawab pada dirinya, istri,dan kemudian anak, serta keluarga kecil mereka. Jika mereka saja masih kecil bagaimana tanggig jawab ini dapat terpenuhi. Bahkan dalam islam telah dinyatakan jika sudah mampu maka menikahlah. Tergantung pada batasan mana kemampua tersebut.  Menikah muda itu boleh, hanya saja pilih batasan usia yang tepat!

baca juga

Bila di haramkan, kenapa Alloh menciptakan babi?

No comments:
Write komentar

Interested for our works and services?
Get more of our update !