IKUTI TIPS INI AGAR BELAJARMU JADI EFEKTIF DAN MENYENANGKAN

 



TIPS BELAJAR EFEKTIF - Belajar, bagi sebagian orang adalah hal yang tidak disukai bahkan dihindari. Namun, belajar adalah hal yang penting terutama bagi Anda yang masih mengeyam studi. Agar belajar menjadi efektif dan menyenangkan, mungkin beberapa tips ini bisa Anda ikuti.


IKITI TIPS INI AGAR BELAJARMU JADI EFEKTIF DAN MENYENANGKAN



Tips Belajar Yang Efektif Dan Menyenangkan


1.         Belajar bersama-sama
Belajar bersama-sama dengan teman kelas atau keluarga bisa mempermudah kamu untuk menyerap materi yang sedang Anda pelajari. Jika ada yang tidak Anda mengerti dengan materi yang sedang Anda pelajari, Anda bisa menanyakan dan mendiskusikannya dengan teman belajar Anda. Selain itu, Anda bisa saling bertukar pendapat, tannya jawab, dan sebagainya.

Belajar bersama/belajar kelompok tidak efektif apabila semua orang yang terlibat di dalamnya tidak fokus pada materi yang dipelajari. Nah, karena itu, berhati-hatilah agar hal tersebut tidak terjadi karena hanya akan membuang waktu saja.

2.         Rapikan Meja Belajar
Agar fokus ketika belajar, Anda seharusnya merapikan meja belajar Anda dari benda-benda yang berpotensi menjadi pengganggu konsentrasi belajar, misalnya gadget dan sejenisnya.

Mengapa demikian? Karena salah satu penyebab belajar menjadi tidak efektif adalah terlalu banyaknya hal-hal yang mengalihkan perhatian Anda dari materi pelajaran. Di sisi lain, sebaiknya Anda memastikan bahwa semua hal yang Anda butuhkan untuk belajar, seperti alat tuis, kertas, buku, dan sejenisnya dekat dengan jangkauan Anda.

3.         Minum Air Putih
Air putih sangat dibutuhkan ketika belajar karena air putih berfungsi untuk menyegarkan tubuh, terlebih setelah otak berkonsentrasi penuh ketika belajar. Selain itu,  air putih juga membantu mengembalikan dan meningkatkan konsentrasi sehingga belajar Anda menjadi efektif.

4.         Beristirahatlah di Sela-sela Belajar
Jangan belajar terlalu lama, artinya beristirahatlah di tengah-tengah aktivitas belajar Anda. Misalnya ketika Anda belajar selama 45 menit, berilah jeda dan beristirahatlah selama kurang lebih 15 – 20 menit. Hal ini lebih baik dibandingkan Anda belajar selama 2 jam tanpa jeda dan istirahat sama sekali.

Namun, jangan sampai waktu istirahat di sela-sela aktivitas Anda membuat Anda terlena. Ketika beristirahat di sela-sela belajar, sebaiknya jangan lakukan aktivitas yang lain sehingga membuat Anda melupakan waktu belajar Anda.

5.         Belajar ketika Tubuh Bugar
Jika Anda lelah, sebaiknya Anda beristirahat dulu baru kemudian belajar. Mengapa demikian? Karena ketika Anda merasa lelah, maka pikiran juga lelah. Sebaliknya, ketika tubuh bugar dan segar, pikiran Anda pun masih segar sehingga materi yang Anda pelajari menjadi lebih mudah dipahami. Jadi, buatlah tubuh Anda segar dan bugar terlebih dahulu sebelum Anda belajar.

6.         Tempat yang Nyaman
Agar belajar Anda menjadi efektif, belajarlah di tempat yang nyaman. Kriteria tempat yang nyaman untuk belajar pada setiap orang berbeda. Ada orang yang nyaman bila belajar di tempat yang sunyi dan sepi, namun ada juga orang yang nyaman ketika belajar di tempat yang sedikit lebih ramai dan terbuka seperti di taman kota, di bawah pohon yang rindang, dan sebagainya. Jadi, belajarlah di tempat favorit Anda yang membuat Anda nyaman.

7.         Gunakan Warna-warni
Bagi Anda yang suka dengan banyak warna, Anda bisa menggunakan warna-warni untuk menandai sesuatu yang penting di buku yang Anda baca. Warna-warni ini akan membantu Anda untuk mengingat sesuatu yang sudah Anda tandai tadi.

8.         Buatlah Peta Konsep/Mind Map
Pada beberapa orang, belajar dengan membuat peta konsep/mind map adalah metode yang sangat efektif. Hal ini dikarenakan kita menjadi paham dengan materi yang kita pelajari ketika kita membuat peta konsep (mind map)nya.

Selain itu, warna-warni dan gambar yang kita gunakan dalam peta konsep/mind map, membantu kita untuk tetap mengingt materi yang kita pelajari.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar aktivitas belajar Anda menjadi efektif dan menyenangkan. Selamat belajar


Jangan lupa simak juga artikel di bawah ini

TIPS MERAWAT FLASHDISK AGAR AWET



No comments:
Write komentar

Interested for our works and services?
Get more of our update !